Senin, 24 Desember 2012



Leadersheep Berbasis Implementasi Kandungan Sumpah Pemuda 
(menegukhkan fungsi mahasiswa sebagai subjek dan penanggung jawab masa depan).



BAB I
PENDAHULUAN
1.1Latar belakang
“Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” (Bung Karno). “ Darah muda darahnya para remaja, yang selalu merasa gagah tak pernah mau mengalah” ( H. Rhoma Irama ). Pemuda, sebuah kata yang selalu segar untuk diperbincangkan dan sering menjadi kontroversial. Berbagai jenis profesi dan bidang mendiskripsikan pemuda dengan bermacam-macam pengertian dan pandangan. Bahkan ada pula yang mengatakan bahwa masa depan suatu bangsa duapuluh tahun yang akan datang dapat dilihat dari keadaan pemudanya sekarang.
Dari pengertian tentang pemuda diatas kita dapat mengetahui betapa pentingnya arti dan peran serta pemuda bagi tatanan kehidupan dunia dimasa yang akan datang. Terutama sumbangannya dalam pembangunan bangsa Indonesia ini. Namun dengan semakin cepatnya derap-derap langkah globalisasi di era postmodern ini, dan diringi dengan chaos dalam bidang moral yaitu pencampuran antara kebenaran dan kebatilan. Pemuda Indonesia terseret dalam arus yang tak tentu ujung dan muaranya. Menurut survei BKKBN 2010 di Jabodetabek, 51 dari 100 remaja perempuan di Jabodetabek sudah tidak perawan. (BKKBN) pada 2010. Di kota lain angkanya hampir sama. Di Surabaya tercatat 54 persen, di Bandung 47 persen dan 52 persen di Medan. Penelitian di Yogya saja, dari 1.160 mahasiswa, sekitar 37 persen hamil sebelum menikah. Estimasi BKKBN, jumlah aborsi di Indonesia per tahun mencapai 2,4 juta jiwa, dimana 800 ribu di antaranya terjadi di kalangan remaja. Selain itu, angka penderita penyakit menular seksual pun membengkak. Paling membahayakan HIV. Berdasar data Kemenkes hingga akhir Juni 2010, terdapat 21.770 kasus AIDS dan 47.157 kasus HIV positif. Persentase pengidap usia 20-29 tahun mencapai 48,1 persen dan usia 30-39 tahun sebanyak 30,9 persen. Belum lagi ditambah dengan kenakalan kenakalan remaja lainnya. Fakta ini sangat menyakitkan dan menampar telak harga diri bangasa Indonesia sebagi negara berpenduduk muslim terbesar di dunia.
Gerakan-gerakan kepemudaan yang membludak jumlahnya baik yang bergelut dalam bidang politik maupun agama belum mampu memperbaiki moral pemuda. Banyaknya pergerakan kepemudaan malah menimbulkan perpecahan dan konflik diantara beberapa golongan. Dimana pergerakan–pergerakan kepemudaan seperti itu seharusnya memberikan bekal para magangernya untuk menjadi agent of change, menjadi seorang leaders dimasa yang akan datang. Tapi pada kenyataannya daya terobos, semangat berpetualang dan keinginnan untuk menjelajah masa depan seakan telah luntur. Terlindas dan tergantikan oleh berbagai macam bentuk kamuflase postmodern. Dalam bentuk Food , Fashion dan Film.
Segala perihal yang berbau dahulu dianggap lusuh, kuno dan memalukan, termasuk sejarah bangsa ini. Padahal sejarah kepemudaan, seperti peristiwa sumpah pemuda yang menjadi tonggak bersatunya pemuda Indonesia memiliki nilai-nilai yang masih bisa diterapkan untuk membentuk the wonderfull youth. Kepemimpinan dimasa itu mampu menyatukan panji-panji nasionalisme untuk pertama kalinya di Indonesia. Sebuah gaya memimpin yang khas Indonesia dan berkualitas intektual tinggi. Sukses tidaknya suatu gerakan sedikit banyakanya bergantung pada pemimpinnya. Gaya kepimpinan saat ini banyak terpengaruh oleh asas-asas yang diusung oleh era postmodern, tentunya gaya memimpin ala kulit putih. Namun gaya kepemimpinana seperti itu belum mampu dan tidak bisa menyamai kedsyatan gaya memimpin pemuda di era sumpah pemuda dulu. Atas dasar ini penulis tertarik untuk menulis sebuah essay tentang leadersheep berbasis implementasi kandungan sumpah pemuda  ( menegukhkan fungsi mahasiswa sebagai subjek dan penanggung jawab masa depan).
1.2 RUMUSAN MASALAH
·         Apakah keistimewaan pemuda sehingga menjadi tumpuan bangsa ?
·         Apasajakan a,anah pemuda dalam upaya memajukan bangsa ?
·         Bagaimana menjadi seorang leadirship yang baik ?
·         Apasaja yang terkandung dalam Peristiwa Sumpah Pemuda yang dapt diterapkan dalam jiwa kepemimpinan ?
·         Bagaiman cara menerapakn makna yang terkandung dalam sumpah pemuda dalamkepemimpinan ?
1.3 TUJUAN
·         Untuk menciptakan pemimpin0pemimpin yang berkualitas dan bersyaratkan karakter Indonesia.
·         Meningkatkan peran pemuda dalam memajukan Indonesia.

















PEMBAHASAN
Pemuda dan Keistimewaannya
            Pemuda sebuah kata yang luar biasa , yang ketika kita menyebutnya identik dengan perubahan , anarkisme, dan  segala macam bentuk  keanehan. Bahkan beberapa kali kata pemuda disebut dalam Al-Quran. Menurut WHO pemuda adalah manusia yang berusia 10-24 tahun . Sedangkan pengertian pemuda menurut UU No. 40 tahun 2009 tentang kepemudaan. Pemuda adalah warga negara Indonesia memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan berusia 16 samapai 30 tahun. Masa muda adalah  masa yang unik dimana terjadi banyak perubahan extrim dalam kehidupan kita. Baik perubahan fisik maupun psikis. Perubahan fisik akan sangat tampak sekali tanda-tandanya terutama untuk golongan hawa perubahan fisik akan angat mencolok. Sedangkan untuk perubahan psikis ialah mulai menyebar harumnya virus-virus merah jambu, dan tingkat emosional yang kurang  stabil selalu ingin perubahan baru.
            Keistinewaan pemuda terlegitimasi dalam Al-Quran di antaranya dalam surah Al kahfi dan Surah Al anbiya. Kami kisahkan kepadamu (Muhammad) cerita ini dengan benar. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk. Dan Kami meneguhkan hati mereka diwaktu mereka berdiri[875], lalu mereka pun berkata, "Tuhan kami adalah Tuhan seluruh langit dan bumi; kami sekali-kali tidak menyeru Tuhan selain Dia, sesungguhnya kami kalau demikian telah mengucapkan perkataan yang amat jauh dari kebenaran." Dalam surat ini telah dipaparkan keistimewaan pemuda yaitu orang yang teguh, berpendirian kuat, memilkki standar moralitas dalam surat ini disebutkan beriman. al anbiyak Mereka berkata: "Siapakah yang melakukan perbuatan ini terhadap tuhan-tuhan kami, sesungguhnya dia termasuk orang-orang yang zalim." Mereka berkata: "Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim ."  QS Al-Anbiyak ayat  59-60. Ayat ini juga menjelaskan tentang keistimewaan sifat pemuda yaitu sebagi moral force. Dimana seorang pemuda tidak bisa melihat keburukan terjdi atai plengggaran-pelanggaran trhadap norma-norma yang benar. Dia juga berani mengambil tindakan langsung tanpa memikirkan apa resikonya selama itu ia berada dipihak yang benar. Pemuda memilki gaya hidup yang suka mendobrak. memilki fisik yang masih energik.

Amanah Bagi Pemuda
Ketika awal pertelum kita sudah disuama memasuki perguruan tinggi belum-belum kita sudah dicekoki berbagai kalimat, yang entah dirasakan menyemangati memuji atau menuntut. Kata kforce. Kalimat kaliamat itu seolah –olah ata itu adalah “ Mahasiiswa adalah agent of chnage, mahasisiwa adalah iron stock mahaiisswa adalah moral . Klimat kaliamt itu seolah mendktri pikiran parapemuda yang baru memasuki dunia perguruan tinggi diseluruh Indonesia.
Amanah yang diembanoleh pemuda tidaklah ringan sebagai seorang pemuda apalagi berstatus sebagai mahasiiswa harus mampu memutarblikkan otak untuk kema’rufan bangsa ini kedepannya. Menjadikan Indonesia sebagi negara yang merdeka dari segala pejajahan bukanlah yang mudah. Apalagi penajjahan di postmodern ini, penjajahan yang kasat mata.

Leadership
Komitmen Sementara itu bawahan merupakan “perpanjangan”pelaksanann ide strategi dan kebijakan pemimpin. Itulah sebbanya dalam sutau organisasi yang harus diperbaiki dahulu adalah infrastukturnya. karana kenerhasilan sebuah organisasi secara hampir mutlak berada ditangan pemimpinnya.
Menurut sejarah kepemimpinan muncul bersama sama adanya peradban manusia yaitu sejak zaman Nabi Nabi dan nenek moyang manusia yang berkumpul bersama. lalu bekerja sama untuk mempertahankan eksiistensi hidupnya mennatang kebuasan binatang dan alam sekitarnya. sejaka itulah terjaid kerjasama natara manusia dan ada unsur kepemimpinan. pada ssaat itu yang dijadika pemimpin adalah orang yang paling kuat berani dan dapat menguasaai alam dengan baik. Kepemimpina n atau pemimpin itu setiap saat selalu diperlukankhususnya pada zaman modern seperri sekarang.
Kandungan Sumpah Pemuda
Terjajah selama bertahun-tahun menjadikan para pemuda tersadar akan segala tipu daya bangsa asing. Segala macam dan bentuk perlawanan pun dilakukan. Perlawannan ini masih bersifat kedaerahan. Beribu-ribu pemuda indonesai mengusung tombak dan pedang untuk mnegusir penjajah dari tanah mereka. Tapi kaum kolonialis tidak kunjung bisa diusir dari tanah tercinta ini. Akhirnya pad tanggal 28 Oktober 1928 terjadilah sebuah peristiwa yang dikatakan sebagai ujung tombak kemerdakaan Indonesia. Yaitu adanya kongres pemuda II, yang diadakan di Gedung Khatholieke Jongenlingen Bond. Yang mengahsilkan sebuah ikrar yang kita sebut sebagi Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda digemakan pertama kali oleh Soegondo namun dibacakan ulang oleh Moh. Yamin.
Adapaum kandungan dari sumpah pemuda antarain
Visi kesatuan, yang ingin disamapaikan oleh pemuda dimasa itu adalah pentingnya sebuah kesatuan. Hal ini diambil dari sebuah pengalaman perlawanan-perlawanan yang terpencar dan tidak efektif untuk pengusir penjajah dari bumi Indonesia. Pepatah mengatakan brpencarnya pemuda adalah awal dari hancurnya sebuah negara. Masihkah ingat dengan analogi yang sering digunakan selama masa kita sekolah dahulu. Satu batang lidi akan dengan mudah dipatahkan, tetapi jika lidi – lidi disatukan dan diikat, maka akan sangat sulit untuk dipatahkan. Begitu pula kita sebagai Generasi Mudanya Bangsa Indonesia, mari kita bersatu padu, bahu membahu untuk membangun dan memajukan bangsa Indonesia!
Semangat perjuangan, sepanjang sejarah selalu mengatakan bahwa anak muda memiliki satu hal yang khas. Ya, semangat anak mudalah yang menjadi ciri khas bagi anak muda! . Semangat yang memebara ini didukung dari fisik yang sangat memadai untuk melakukan bergagaia hal dan aktifitas. Pemuda seharusnya memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi seorang pemimpin atau khalifah. Karena pemuda yang bersemangat hiduponya ditunjukkan untuk selalu menmabah fan tersu menambah pengalaman dan menaklukkan tantangn-tantangan baru dalam hidupnya.
Komitmen dan kekonsistenan untuk mancapai misi dan visi. Para pemuda saat bersama – sama merumuskan apa yang sekarang kita kenal sebagai Sumpah Pemuda, tidak hanya sampai di tahap merumuskan saja. Mereka pun setelahnya mengambil tindakan dengan penuh komitmen dan konsisten untuk merealisasikan apa yang telah mereka rumuskan bersama dalam Sumpah Pemuda. Begitu pula dengan Anda sebagai Generasi Muda Bangsa, jangan hanya berhenti hanya memiliki visi dan impian saja, tetapi beranilah mengambil tindakan dengan penuh komitmen dan konsisten untuk merealisasikan apa yang menjadi visi kita. Ingat, ACTION is POWER! Sebaik apa pun visi dan impian yang kita miliki, namun jika kita tidak pernah mengambil tindakan dengan komitmen dan konsisten, mustahil visi kita akan terwujud.
Implementasi Leadership berbasis Sumpah Pemuda
Menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Sepertinya memnag menyenagkan mejadi seseorang yang selalu dikagumi dan pekrjaannya hanya menyuruh-nyuruh saja. Dibalik hal itu semua sebenarnya menjadi seorang pemimpin amatlah sulit. Pemimpin harus mampu memimpin dirinya sendiri dan seluruh anggota dari organisasinya untuk menuju pada tujuan dan cita-cita yang telah dirumuskan melalui landasan yang telah disepakati bersama.
Kepercayaan masyarakat kepada pemimpin seakan-akan telah luntur. Seringnyamereka ditipu dan dibohongi oleh orangorang kalangan atas menyeabbakan wibawa dan kahrisma seorang pemimpin menjadiluntur dihati masyarakat. Jiika kta bedakan dengan pemimpin zaman dahulu rakyat oun rela sembah sujud dikaki pemimpinnya. Itu karan pemimpin zaman dahulu adalah tipe-tipe pemimpin yang ideal menurut masyarakat. Mereka memimpin memang benar0benar inginmemeimpin benar-benar ingin memajukan negrinya bukan untuk mencari uang atau abhakan ingin menjadi orang yang disnjung-sanjung oleh khalayak.
Itulah mengapa pentingnya kita harus meneladani kepemimpinan pemuda dimasa dahulu. Pemimpin yang mampu menyatukan nusantara untuk pertama kalinya. Pemuda –pemuda yang murni menjadi pemimpin untuk memajukan negrinya bukan untuk mencari pamor atau keuntungan dunia lainnya. Implementasi itu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut
Pemimpin yang memahami dan mengamalkan arti sebuah persataun.
Hal yang plaing penting dalam suatu organisasi adalah rasa saling percaya dan toleransi. Seyogyanya sebuah organisasi itu terbagi dalam beberapa beberapa sektor atau seksi, yang menangani dan bekerja secara spesifik dalam bidangnya masing-masing. Seorang pemimpin harus ammpu menyatuka smua lni dalam organisasasi termasuk mencipatakan suatu suasana kekeluargaan agar semua lini tersebut dapat bekerja secara sinergis. Pemimpin itu sendiri harus mempu bergaul dan menjadi dahabat bagi para bwahannya. Tidak seperti pemimpin kita ssat ini. Mereka cendering mmebangun sekat sekat pemisah antara mereka dan bawahannya. Mereka cenderung menjadi bos ingin dihormati dan buta akan status sosial.
Semangat perjuangan
Seorang pemimpin harus memilki sikap semangat juang yang tinggi karena secara teoritis maju tidaknya suatu organisasai sebagian besar tergantung kepada pemimpinnya. Jika pemimpinnya tidak menunjukkan semnagt perjuangan yang tinggi apalagi bawahannya. Pemimpin pada masa era sebelum kemerdekaan adalh seorang oemimpin yang sangat bersemnagat. Semangat mereka ditunjukkan dengan mlakukan langsung mmeberi contoh turu ikut dalam perjuangan dan tidak menjadi pihak yang terlindungi seperrinpemimpin dimasa sekarang.
Komitmen, seorang pemimpin yang baik akan menunjukkan komtmen yang baim dalam menjalankan amnahnya. Artinya ketika dia mengambil sebuah keputuan maka dia akan mmeperjuangakankeputusan tersebut samapi titik darah penghabissannya karena dia tahu ketika dia mengubah keputusannya maka akan terjadi banyak perubahan kebawah . itu juga yang dilaukan oleh pemuda di masa perjuangan mereka mengikrarkan betanah air satu bertumpah adrah satu berbahasa satu yaitu indonesia mereka tidak akan mengunahnya. karan preubahan tersebut akan berakiabat afatal pada kehidupan dimasa itu.




BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN
            Pemuda meskipun bukan mutlak sebagi penentu masa depan bangsa tapi sebagian besar aset kemajuan bangsa ini digeggam oleh tangan-tangan mereka. Pemuda atau remaja sekarang ini seolah ytrlah termanjakan oleh teknologi. Hsl yang tidak disadari adalh bahwa segala ventuk IPTEK yang telah merea terima selam ini adalah bentuk dari enjajahan terhadap bangsa Indonesia. Pemuda tidak lagi menjadi orang yang benar-benar bisa diharapka. Semanat juang, persatuan dan komitmen mereka untuk memajukan Indonesia seakan pupus. Adanya seorang pemimpin yang mampu menerapkan inti-inti dari sumpah pemuda akan mampu mmabawa perubahan besar dalam kehidupan Indonsai dimasa yang akan datang. Akan a soekarno Soekarno baru, Muhammat yamin baru dan pahlawan –pahlawan baru yang akan menyelamatkan indonesai dari penjajahan yang kasat mata ini.
3.2 SARAN
            Seharusnya mahasiswa harus lebih mengilhami sejarah negara ini. Agar penjajahan dimasa lalu tidak terulang lagi menjadi bentuk penjajahan yang lainnya. Sebuah moment besar seperti sumpah pemuda sebaiknya dijadika sebagi momet untuk menganalisa bagaiman mereka bisa menciptakan sebuh ikrak yang menjadika Inodesia bersatu bukannya merayakan denga ceromnial-ceremonial ayng tidak bermanfaat seperti berpesta.


 DAFTAR PUSTAKA

Al-Quranul karim, Bandung: Departemen Agama Republik Indonesia.
Rafinus Lahur,J.Babari.1987.Pemuda dan Masa Depan.Jakarta:CSIS.
Kartono,Kartini.2010.Pemimpin dan Kepemimpinan.Jakarta:Rajawali Pers.
Indah,Dwi N.2011.Peran dan Fungsi Pemuda-Mahasisiwa-Kaum Terpelajar (online). http://pwk10gaul.blogspot.com/. Diakses 08 Mei 2012.
Admin. 2011. Makna Penting Sumpah Pemuda (online). http://www.najamudin.net/main/artikel.html. Diakses 08 Mei 2012.
Anonimous.2011.Kata Mutiara Soekarno (online) .http://penasoekarno.files.wordpress.com. Diakses 08 Mei 2012.
Masrahmat.2011.Sejarah Sumpah Pemuda (online). http://www.masrahmat.com. Diakses 08 Mei 2012.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar